Tuesday, December 13, 2011

Dasar "Membuat" Aplikasi "GNU/Linux" Portable Menggunakan AppDir dan AppImage Assistant



Pada artikel sebelumnya telah dibahas dasar membuat/mengemas aplikasi windows menjadi portable menggunakan VMware ThinApp dan rasanya tidak adil jika saya hanya membahas pembuatan aplikasi portable pada sistem operasi Windows saja :),   untuk itulah pada artikel kali ini saya akan mencoba membahas dasar dalam membuat atau bisa juga disebut "mengemas aplikasi" GNU/Linux menjadi aplikasi yang bersifat portable menggunakan AppDir dan AppImage Assistant ,  karena terdapat banyak sekali distribusi GNU/Linux dialam semeseta ini dan keterbatasan penulis, maka disini saya membatasi pembahasan pembuatan aplikasi portable kali ini pada dua buah distribusi saja yaitu berbasis debian software package (.deb) diwakili dengan Ubuntu dan distribusi berbasis Redhat Package Manager (.rpm) yang diwakili oleh Fedora, untuk distribusi GNU/Linux lainnya silahkan dicoba sendiri :D

Untuk mengemas aplikasi GNU/Linux menjadi portable disni saya menggunakan AppDirAssistant dan AppImageAssistant yang dapat diunduh secara gratis pada alamat berikut
http://www.portablelinuxapps.org/development/
http://sourceforge.net/projects/portable/files/

Unduh AppDirAssistant dan AppImageAssistant
Sebagai contoh disini saya akan memproses dua buah aplikasi yang berbeda menjadi portable, dan untuk menguji kompatibilitas (kecocokan) aplikasi portable yang telah dibuat, saya menggunakan dua buah sistem operasi yang berbeda juga, berikut adalah spesifikasi lengkap perangkat lunak yang saya gunakan :
  • Sistem Operasi 1 : Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot 32 Bit
  • Sistem Operasi 2 : Fedora 16 Verne 32 Bit
  • AppDirAssistant 0.32
  • AppImageAssistant 0.92
  • AppImageExtract
Aplikasi yang akan diproses menjadi portable
  • Gimp - GNU Image Manipulation Program
  • Pidgin - Universal instant messenger
AppDir Assistance dan kawan-kawan
Sangat disarankan untuk menggunakan sistem operasi GNU/Linux yang masih perawan alias baru selesai dipasang dan belum dipasang aplikasi/pustaka tambahan untuk digunakan dalam proses pembuatan aplikasi portable, hal ini untuk mencegah aplikasi portable yang telah dibuat tidak dapat berjalan pada sistem lain karena kekurangan/kehilangan beberapa pustaka/aplikasi pendukung.

A. Mengemas Gimp 2.6 Menjadi Portable - Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot :
Untuk sistem operasi Ubuntu 11.10 pastikan sistem telah terpasang libglade2-0 , jika belum jalankan perintah berikut pada terminal  untuk memasangnya :

sudo apt-get install libglade2-0

Jalankan AppDirAssistant klik Forward
Baca dan perhatikan peringatan ini  jika sudah paham  klik Forward :p
Proses Prescanning Sistem
Pada proses prescanning ini sistem dasar (base system) akan dipindai (scan) untuk selanjutnya dibandingkan dengan perubahan yang terjadi setelah aplikasi selesai dipasang (postscanning) , untuk itulah penggunaan sistem operasi yang masih bersih dibutuhkan, karena jika menggunakan sistem operasi yang telah dipasang beberapa pustaka/aplikasi tambahan bisa saja pada proses prescanning pustaka yang seharusnya dimasukkan kedalam aplikasi yang akan dibuat menjadi portable tidak dimasukkan karena dianggap merupakan bagian dari base system, akibatnya ketika aplikasi portable dijalankan  pada sistem operasi lain yang masih baru tidak dapat berjalan karena pustaka yang dibutuhkanya tidak tersedia.

Proses Prescanning selesai, Minimize AppDir Assistant dan
install aplikasi yang akan dikemas menjadi portable
Pasang aplikasi yang akan dikemas menjadi portable
sebagai contoh disini saya memasang Gimp
menggunakan  USC
Setelah aplikasi selesai terpasang, uji aplikasi yang baru dipasang dengan menjalankannya, jika sudah berfungsi dengan baik,  lanjutkan proses pada AppDirAssistant (Postscanning)

Proses Postscanning
Proses Profiling
Hasil Akhir dari  AppDirAssistant siap diuji coba
Hasil capture aplikasi yang dilakukan oleh AppDirAssistant tersimpan pada direktori desktop home anda dan bernama sesuai dengan aplikasi yang tercapture, untuk menguji aplikasi yang telah dicapture oleh AppDirAssistant cukup dengan menjalankan AppRun yang disedikan pada direktori aplikasi. Untuk mengemas/bundle hasil capture dari AppDirAssistant menjadi singe execuatble binary gunakan AppImageAssistant.

AppImageAssistant - Proses 1
AppImageAssistant - Proses 2
masukkan alamat folder  aplikasi yang telah dicapture oleh AppDirAssistant
AppImageAssistant - Proses 3
AppImageAssistant Proses Selesai
Hasil Akhir aplikasi portable

B. Mengemas Pidgin  Menjadi Portable - Fedora 16 Verne  :
Untuk menjalankan AppDirAssistant Pada  sistem operasi Fedora 16 pastikan sistem telah terpasang virtual Terminal Emulator (vte)  jika belum jalankan perintah berikut pada terminal  untuk memasangnya :

su -c "yum install vte"

Hal lainnya tidak jauh berbeda dengan proses yang dilakukan pada pembuatan aplikasi portable disistem operasi Ubuntu 11.10 yang telah dijelaskan diatas.

Jalankan AppDirAssistant klik Forward
Baca dan perhatikan peringatan ini  jika sudah paham  klik Forward :p
Proses Prescanning Sistem
Proses Prescanning selesai, Minimize AppDir Assistant dan
install aplikasi yang akan dikemas menjadi portable
Pasang aplikasi yang akan dikemas sebagai contoh disini saya
memasang pidgin menggunakan yum
Setelah aplikasi selesai terpasang, uji aplikasi yang baru dipasang dengan menjalankannya, jika sudah berfungsi dengan baik,  lanjutkan proses pada AppDirAssistant (Postscanning)

Proses Postscanning 
Tunggu hingga postscanning selesai dan berlanjut keproses profiling, pada proses ini aplikasi yang akan dikemas menjadi portable akan terbuka secara otomatis, tutup aplikasi dan biarkan AppDirAssistant menyelesaikan proses ini.

Proses Profiling -1
Proses Profiling - 2
Proses AppDirAssitant Selesai
Untuk melakukan pengujian singkat apakah aplikasi yang telah dicapture oleh AppDirAssitant berfungsi dengan baik, bisa dilakukan dengan menghapus aplikasi pidgin yang telah terpasang pada sistem dan menjalankan pidgin hasil dari proses AppDirAssistant, langkah ini bisa dilewati karena nantinya pada hasil akhir dari aplikasi portable yang telah selesai dibuat akan diuji  pada sistem operasi yang masih perawan (baru selesai dipasang).

Aplikasi hasil capture AppDirAssitant selesai dan siap diproses

Setelah mencoba aplikasi yang telah dicapture oleh AppDirAssitant dan tidak menemukan masalah , langkah selanjutnya adalah mengemas hasil proses dari AppDirAssitant menjadi single executable binary menggunakan AppImage Assistant.

AppImageAssistant Proses - 1
AppImageAssistant Proses - 2masukkan alamat folder  aplikasi yang telah dicapture oleh AppDirAssistant
AppImageAssistant Proses - 3
AppImageAssistant Proses Selesai
Hasil Akhir aplikasi portable
Selesai.. dan langkah selanjutnya adalah menguji executable yang telah dibuat pada sistem operasi yang bersih. dari hasil pengujian Gimp portable yang saya kemas menggunakan sistem operasi Ubuntu 11.10 dapat berjalan dengan baik pada sistem operasi Fedora 16, dan Pidgin yang saya kemas menggunakan sistem operasi Fedora 16 dapat berjalan dengan baik juga pada sistem operasi Ubuntu 11.10.

Pidgin Portable berjalan dengan mulus pada Ubuntu 11.10
Gimp Portable berjalan dengan mulus pada Fedora 16
Untuk mengembalikan / ekstrak aplikasi portable yang berbentuk executable binary menjadi bentuk seperti pada saat dicapture dapat menggunakan AppImageExtrack. Hal lainnya yang perlu diketahui adalah tidak semua aplikasi yang berjalan pada sistem operasi GNU/Linux  dapat dikemas menjadi portable menggunakan AppDirAssistant dan terkadang beberapa aplikasi membutuhkan tweak tambahan agar dapat berjalan secara sempurna sebagai aplikasi portable... Selamat Berkreasi ... ;)

2 comments: