Sunday, December 18, 2011

Membakar berkas .DMG di Sistem Operasi Microsoft Windows



DMG merupakan salah satu format Apple Disk Image, yang secara sederhana dapat disamakan dengan berkas .ISO pada sistem operasi Windows namun dalam hal teknis .DMG mendukung hal yang tidak didukung oleh berkas .ISO. Dengan menggunakan sistem operasi Apple Mac OS X berkas .DMG dapat difungsikan selayaknya seperti sebuah hard-disk sungguhan, yang dapat dipartisi, enkripsi, kompresi , melakukan modifikasi selayaknya bekerja dengan hard-disk sungguhan, DMG juga biasanya digunakan untuk membungkus installer aplikasi OS X termasuk installer sistem operasi Mac OS X sendiri. Secara default tanpa aplikasi pihak ketiga berkas DMG tidak akan dapat dibaca menggunakan sistem operasi Ms Windows dan  pada artikel kali ini saya akan membahas langkah mudah mengkonversi berkas DMG  (OS X Installer) agar dapat dibaca dan diproses oleh windows.

Sebenarnya telah banyak aplikasi pihak ketiga yang mengklaim dapat digunakan untuk membaca dan mengkonversi berkas DMG pada sistem operasi microsoft windows, mulai dari yang berbayar hingga gratis, dan disini saya memilih menggunakan aplikasi gratis yang berukuran mungil bernama dmg2image untuk melakukan proses konversi tersebut, dapat diunduh pada alamat berikut :

http://vu1tur.eu.org/tools/

diwebsite yang sama sebenarnya juga tersedia tools dmg2iso tapi karena sudah lama tidak diperbarui dan setelah saya coba tidak dapat berfungsi dengan baik, maka saya lebih memilih untuk menggunakan dmg2image.

Unduh dmg2img
dalam bekerja dmg2image menggunakan perintah baris, untuk melakukannya bisa menggunakan command prompt yang disediakan olah sistem operasi microsoft windows, berikut adalah contoh perintah baris yang saya gunakan untuk mengkonversi iATKOS_L2.dmg menjadi berkas .img.

dmg2img -v iATKOS_L2 iATKOSL2.img

Perintah yang dapat digunakan untuk menggunakan dmg2image
dmg2image melakukan konversi .dmg ke format .img
Kecepatan proses konversi sendiri sangat tergantung dari sumber daya perangkat keras yang sistem miliki, setelah selesai sebuah berkas dengan format .img aka dihasilkan, berkas ini dapat langsung dibuning atau dimount menggunakan aplikasi virtual CD/DVD seperti daemon.

berkas .img yang dihasilkan
image hasil konversi dimount menggunakan MagicDisc (aplikasi gratis)
Untuk aplikasi pembakar disini saya menggunakan Ashampoo Burning Studio 6 Free yang dapat digunakan dan diunduh secara gratis dan telah mendukung format cd image .img , .iso, .cue . alternatif lain yang dapat dipilih adalah menggunakan aplikasi Disc Image burner internal milik Windows 7 yang dapat mengenali .img

Ashampoo Burning Studio Free 6
Gratis dan memiliki fitur yang tak kalah dengan aplikasi berbayar
Aplikasi internal pembakar disk image milik Windows

Semoga bermanfaat ;)

2 comments: