Wednesday, December 7, 2011

Dasar Membuat Aplikasi Windows Portable Menggunakan VMware ThinApp



Pernah menggunakan aplikasi portable,,?? bagaimana menurut anda ..?? praktis,, ringkas,, gak ribet  , yup itulah keunggulan aplikasi portable,  aplikasi portable adalah aplikasi yang dapat berjalan dari media penyimpanan bergerak seperti USB Flash disk, hard disk portable, dan media penyimpanan lainnya tanpa harus dipasang kesistem operasi lokal.  Menjalankan aplikasi yang bersifat portable memang menyenangkan selain tidak repot harus menginstall disetiap komputer yang disinggahi  aplikasi portable juga mudah dipindahkan dan disalin tapi akan lebih menyenangkan lagi jika anda bisa membuat aplikas portable sendiri. :D  Terdapat berbagai macam metode dan perangkat lunak untuk membuat sebuah aplikasi reguler menjadi aplikasi yang bersifat portable salah satunya adalah menggunakan VMware ThinApp dan berikut saya akan memberikan dasar membuat aplikasi Windows portable menggunakan VMware ThinApp. ;)

Perangkat lunak VMware ThinApp sendiri adalah salah satu produk komersil berbayar milik VMware yang merupakan kategori Portable application creators , meskipun berbayar untuk yang ingin mencobanya VMware memberikan trial license key dengan batasan waktu yang dapat digunakan untuk sekedar mencoba atau belajar menggunakan VMware ThinApp :D.
Spesifikasi  perangkat lunak yang saya gunakan :
  • Virtual Mesin VMware Workstation 8.0
  • VMware ThinApp 4.7 
  • Sistem Operasi Utama : GNU/Linux Ubuntu 11.10 
  • Sistem Operasi Tamu : Microsoft Windows 7 
Perangkat lunak yang akan dikemas menjadi Portable :
  • Adobe Reader 10 Windows Version
Sebelumnya download VMware ThinApp beserta trial license key melalui alamat dibawah ini :
http://downloads.vmware.com/d/info/desktop_downloads/vmware_thinapp/4_5

Download VMware ThinApp
Untuk membuat aplikasi portable menggunakan VMware ThinApp dibutuhkan sistem operasi windows yang masih perawan dalam artian belum dipasang aplikasi tambahan apapun, dan untuk kemudahan disini saya memilih menggunakan virtual mesin VMware Workstation 8 dengan sistem operasi tamu Windows 7. Selain menggunakan VMware workstation juga bisa menggunakan Oracle VirtualBox atau memasang sistem operasi baru pada sistem secara langsung.

VMware workstation - Menjalankan Windows 7
Agar tidak terlalu repot membuat virtual mesin baru setiap akan membuat aplikasi portable baru disini saya juga  membuat beberapa snapshot  dari sistem operasi tamu yang saya gunakan, dengan menggunakan snapshot saya dapat mengembalikan keadaan sistem operasi tamu yang sudah dipasangi aplikasi tambahan dan modifikasi  kembali kekeadaan yang telah saya tentukan  misalnya kembali ke keadaan baru selesai dipasang. Pada VMware Workstation tersedia fasilitas Snapshot Manager yang dapat digunakan untuk mengelola snapshot.

Snapshot Manager - VMware Workstation
Pasang  VMware ThinApp didalam sistem operasi tamu yang telah diunduh sebelumnya, disini saya memasukkan trial license key yang saya dapatkan. Setelah selesai jalankan VMware ThinApp dan  jalankan "Setup Capture" , tunggu hingga proses capture sistem selesai.

Installasi VMware ThinApp - Pada Sistem Operasi Tamu

Proses capture sendiri biasanya hanya akan mengcapture drive tempat dimana windows dipasang (Drive C:), tambahkan folder khusus atau drive tambahan jika aplikasi yang akan dipasang membutuhkannya.

Proses Capture - VMware ThinApp
Aplikasi siap dipasang - Minimize Jendela VMware ThinApp
Setelah prose capture selesai, pada jendela VMware ThinApp akan menampilkan Install Application Now, minimize jendela VMware ThinApp kemudian pasang aplikasi yang akan dibuat menjadi portable sampai selesai dan dapat dijalankan secara sempurna, lakukan sedikit konfigurasi jika diperlukan, dan jika perangkat lunak yang dipasang membutuhkan restart silahkan restart sistem, VMware ThinApp akan berjalan kembali secara otomatis melanjutkan proses sebelumnya setelah sistem operasi aktif kembali. sebagai contoh disini saya memasang Adobe Acrobat Reader 10.

Pasang aplikasi yang akan dikemas menjadi portable
Setelah aplikasi selesai dipasang - Jalankan Postscan
Jalankan proses Post scan, tunggu sampai proses selesai kemudian keproses selanjutnya.

Proses postscan sedang berjalan - VMware ThinApp
Pilih executable yang akan dijadikan sebagai aplikasi utama yang akan pertama kali dijalankan pada saat menjalankan aplikasi portable, sebagai contoh disini saya memilih Adobe Reader X.exe yang merupakan program utama dari AcrobatReader 11.0.

Plih  executable yang akan dijadikan aplikasi utama
Untuk proses selanjutnya seperti dibawah ini, biasa diabaikan dengan mengklik Next saja, karena disini aplikasi portable yang dibuat hanya akan digunakan sendiri pada komputer lokal.

Abaikan opsi ini jika memang tidak diperlukan
Setelah selesai tentukan apakah aplikasi nantinya diberikan akses penuh untuk melakukan baca tulis difolder lokal dimana nanti aplikasi  berjalan atau hanya akses terbatas saja.

Menentukan hak akses aplikasi yang akan dibuat
Tahapan selanjutnya adalah menentukan dimana konfigurasi dan data dari aplikasi portable diletakkan, gunakan opsi default jika tidak memerlukan custom.

Menentukan lokasi penyimpanan konfigurasi dan data
aplikasi portable
Selanjutnya berikana nama pada aplikasi portable yang akan dibuat, dan tentukan dimana lokasi penyimpanan project yang akan digunakan untuk proses build, gunakan opsi default dari VMware ThinApp untuk mudahnya.

Opsi ini bisa diabaikan dan lanjut kelangkah selanjutnya
Menentukan lokasi penyimpanan project
Langkah selanjutnya adalah menentukan, apakah aplikasi portable akan dibuat menjadi single executable atau dengan executable dan file pendukung terpisah berupa .dat file, pada bagian ini juga disedikan opsi untuk mengemas aplikasi portable  menjadi .msi package yang dapat digunakan untuk memasang aplikasi portable ke program files directory sebelum dijalankan. Jangan lupa memilih opsi compression agar paket aplikasi yang dibuat berukuran lebih kecil. Pada bagian ini saya memilih use one of the entry points dan Compress virtual package
Menentukan hasil akhir dari aplikasi portable
Proses Capture aplikasi beserta file dan registry pendukung
kelokasi project
Pesan peringatan karena beberapa file tidak bisa disalin
Sampai tahapan Ready to build aplikasi sudah selesai dan siap dikemas menjadi aplikasi portable, jika ingin melakukan modifikasi tambahan pada aplikasi portbale yang dibuat bisa memilik skip the build process dan melakukan modifikasi Edit Package.ini

Proses pembuatan aplikasi portable - aplikasi siap dibuild
Jika memilih opsi Build, maka pada jendela VMware ThinApp selanjutnya akan menampilkan proses Building Project, tunggu sampai proses ini selesai dan klik Finish maka secara otomatis sebuah jendela explorer windows akan terbuka menampilkan hasil akhir dari proses.

Proses Build selesai - VMware ThinApp
Setelah proses selesai, dapat melakukan uji coba dengan menjalankan aplikasi yang telah selesai dikemas pada sistem operasi windows yang baru selesai dipasang.

Hasil Akhir program portable -
berjalan pada sistem operasi windows 7
Melakukan konfigurasi tambahan  (Edit Package.ini)
Adakalanya aplikasi portable yang dihasilkan melalui proses normal wizard VMware ThinApp berukuran terlalu besar, hal ini dikarenakan ada beberapa file dan folder hasil dari postscan ikut dikemas yang sebenarnya tidak diperlukan dalam pembuatan aplikasi portable, sebagai contoh hasil akhir dari aplikasi  Acrobat Reader yang saya buat melalui proses normal wizard berukuran 299MB dan dengan melakukan modifikasi pada konfigurasi (package.ini) dan membuang beberapa file yang tidak diperlukan saya berhasil mereduce hasil akhir menjadi 170 MB yang apabila dikompres kembali menggunakan zip menjadi ukuran 70 MB. :)

Konfigurasi aplikasi - package.ini
Jalankan Build setelah melakukan perubahan
Sebagai informasi tidak semua aplikasi yang berjalan pada sistem operasi windows dapat dikemas menjadi aplikasi portable, terutama aplikasi yang menggunakan driver khusus dan memiliki integrasi kuat pada sistem windows.

Alternatif lain yang dapat dipilih untuk membuat aplikasi portable dilingkungan windows selain VMware ThinApp adalah menggunakan perangkat lunak gratis Cameyo atau JauntPe (open source) yang memiliki fungsi serupa dengan VMware ThinApp... akhir kata saya ucapkan Selamat berkreasi.. ;)

Dokumentasi mengenai VMware ThinApp

2 comments: