Wednesday, September 28, 2011

Remastersys dan Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot



Disini saya akan memberikan  informasi mengenai  kombinasi antara Remastersys dan Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot yang dapat berjalan dengan baik dan menjalankan fungsinya dengan benar, tanpa error pada hasil akhir. Secara singkat saya juga akan memberikan  penjelasan mengenai cara memasang remastersys pada sistem ubuntu oneiric ocelot, sebagai catatan disini saya masih menggunakan ubuntu 11.10 versi pengembangan beta 2 yang telah diupdate, karena yang stable belum dirilis secara resmi, meskipun demikian berdasarkan pengalaman menggunakan ubuntu dan remastersys versi sebelumnnya hasil yang didapat akan sama jika cara ini dijalankan pada Ubuntu 11.10 (stable) final version nanti. Bagi yang belum tahu mengenai remastersys bisa membaca eBook saya sebelumnya remastering dengan remastersys.

Sebelumnya untuk memasang remastersys pada ubuntu 11.10 tambahkan secara manual alamat repository remastersys , dengan cara mengedit berkas  yang terletak pada /etc/apt/sources.list , untuk yang menggunakan unity dash Tekan Alt+F2 kemudian ketikan perintah dibawah ini :

gksu gedit /etc/apt/sources.list

Tekan Alt+F2 kemudian edit daftar repositori secara manual
Untuk yang menggunakan terminal bisa menjalankan perintah dibawah ini :

sudo gedit /etc/apt/sources.list

Kemudian setelah berkas sources.list terbuka, tambahkan alamat dibawah ini pada baris paling akhir, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar.

# Remastersys
deb http://www.geekconnection.org/remastersys/repository karmic/

Memasang Remstersys - Ubuntu 11.10
Setelah selesai, simpan perubahan yang telah dilakukan, dan tutup berkas sources.list, kemudian jalankan perintah dibawah ini, pastikan sistem telah terkoneksi keinternet untuk mengunduh berkas installer yang dibutuhkan

sudo apt-get update
sudo apt-get install remastersys

Memasang Remstersys - Ubuntu 11.10
Setelah selesai memasang remastersys pada sistem, lanjutkan dengan menginstall frontend ubiquity, jika tidak terinstall live sistem yang telah selesai dibuat tidak akan menampilkan pintasan yang bisa digunakana untuk memasang sistem Ubuntu.
Karena disini Ubuntu yang saya gunakan menggunakan antarmuka standar (gnome) maka yang saya pasang adalah ubiquity-frontend-gtk untuk KUbuntu bisa menggunakan ubiquity-frontend-kde.

sudo apt-get install ubiquity-frontend-gtk

Install antarmuka Ubiquity agar Live CD bisa diinstall
Setelah semua proses pemasangan selesai,  remastersys telah siap digunakan pastikan sebelumnya terdapat ruang kosong didirektori /home/ , secara default remastersys menggunakan direktori /home/remastersys sebagai direktori kerja. Untuk membuat salinan sistem yang kita miliki lengkap dengan software tambahan yang telah terpasang tanpa mengikut sertakan berkas dan direktori personal (user) yang berada didirektori home yang digunakan, jalankan remastersys dist

Menjalankan remastersys dengan opsi remastersys dist
Proses remastersys
membuat salinan sistem Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot
Proses ini akan memakan waktu, jadi bisa ditinggal makan, membuat minuman atau tidur :O ,,, setelah semuanya selesai, hasil akhir dari remastersys bisa ditemukan pada direktori /home/remastersys/remastersys/customdist.iso (default path hasil/proses remastersys).

Menjalankan hasil remastersys
dengan KVM/Qemu - 1
Ada baiknya sebelum membakar hasil dari proses remastersys, dicoba terlebih dahulu menggunakan virtual mesin, sebagai contoh disini saya menggunakan Kernel Based Virtual Machine (KVM).

Menjalankan hasil remastersys
dengan
KVM/Qemu - 2
Sebagai catatan untuk menghindari terjadinya busybox pada hasil akhir dari remastersys, hindari penggunaan custom kernel pada sistem dan gunakan selalu kernel standar dan updatenya dari repository resmi milik ubuntu, kecuali jika anda paham dengan resikonya heheh, Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot sendiri secara resmi telah menggunakan kernel 3.0. :)

Demikian penjelasan singkat ini , semoga bermanfaat bagi kawan-kawan semua ... . .

6 comments:

  1. pak, iso yang terbuat itu dari linux yang kita instal itu yiah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya,image (ISO) yang dihasilkan berasal dari linux yang terpasang

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. mas bro file iso punya q gk ada pintasan tuk instal sistem ubuntu soalnya pas remastering lupa blm instal fronted ubiquity, gmn solusinya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ubiquity live installernya bisa kok dipasang pada saat sesi LiveCD syaratnya harus terkoneksi keinternet, atau bisa juga iso hasil remastering dibongkar terus di chroot pasang ubiquity live installer, cara manualnya bisa dibaca disini,

      https://help.ubuntu.com/community/LiveCDCustomization

      Delete
    2. kalo terkoneksi internet caranya gmn??q baca cara manualnya bingung,maklum msh newbe...

      Delete