Tuesday, September 6, 2011

Penampakan Ubuntu 11.10 Beta 1




Sebagai salah satu distribusi GNU/Linux yang populer banyak para pengguna yang tidak sabar menanti dan menunggu hal baru apa yang akan mereka temukan pada Ubuntu versi mendatang apakah akan ada penambahan aplikasi baru, antar muka baru atau hal baru lainnya, bahkan  ketika masih dalam tahap pengembangan(versi alpha dan beta) telah  ada beberapa pengguna yang telah mencobanya termasuk saya :D  , berikut akan saya berikan sedikit gambaran dari  Ubuntu 11.10 Beta 1 yang dikeluarkan pada tanggal 1 September lalu.

Tidak ada perubahan yang terlalu ekstrem semenjak Ubuntu 11.10 Alpha 3 kecuali peningkatan versi beberapa aplikasi standar dan penggunaan antar muka baru.

Gfxboot CD Installer Ubuntu 11.10 Beta 1
tidak ada perubahan :p
LightDM pada Ubuntu 11.10 Beta menggunakan Unity Greeter
Untuk pengguna Ubuntu yang memiliki kartu grafis yang mendukung Unity 3D (standar) dapat merasakan efek keren dari Unity desktop, lengkap dengan efek bayangan pada aplikasi yang dijalankan, bayangan akan terlihat disetiap jendela aplikasi yang terbuka, Untuk yang memiliki kartu grafis yang tidak didukung pengguna masih bisa berinteraksi menggunakan Unity-2D, salah satu perbedaan yang terlihat mata adalah pada desktop Unity-2D tidak ditemukan efek bayangan disetiap jendela aplikasi dan fungsi preview alt+tab.

Alt+Tab berpindah antar aplikasi pada Unity Desktop
Ubuntu 11.10 Beta 1 telah menggunakan Kernel 3.0 yang terus diperbarui disetiap versi pengembangaanya guna meningkatkan kenyamanan dan kemudahan pengguna sistem operasi ini terutama dalam hal dukungan perangkat keras.

Spesifikasi Ubuntu 11.10 Beta 1
Nautilus Explorer Pada Ubuntu 11.10 Beta 1
Dash pada Ubuntu 11.10 Beta 1 juga mengalami perubahan tampilan dan tata letak jika dibandingkan dengan versi pengembangan sebelumnya (Ubuntu 11.10 Alpha 3) , aplikasi managemen perangkat lunak ubuntu software center pada Ubuntu 11.10 juga telah menggunakan icon yang baru.

Unity Dash Pada Ubuntu 11.10 Beta 1
Beberapa aplikasi yang terus mengalami peningkatan versi pada Ubuntu 11.10 adalah e-mail client dan web broswer , dimana pada versi Ubuntu 11.10 Beta 1 telah menggunakan Mozilla Firefox dan Mozilla Thunder Bird versi 7.

Mozilla Thunderbird versi Beta Ubuntu 11.10 Beta 1
Ubuntu Software Center  pada Ubuntu 11.10 Beta 1
Mozilla Firefox 7.0 versi Beta Pada Ubuntu 11.10 Beta 1
Salah satu perubahan yang cukup terlihat pada rilis Ubuntu 11.10 Beta 1 adalah  tidak disediakannya synaptic package manager  pada default installer Ubuntu 11.10 Beta 1, dengan kata lain semua pengelolaan perangkat lunak berbasis grafis sepenuhnya dilakukan melalaui  Ubuntu software Center, namun walau begitu kita dapat dengan mudah memasang synaptic package manager melalui Ubuntu Software Center .

Synaptic Package Manager tetap tersedia di daftar aplikasi
Ubuntu 11.10
Untuk masalah memantau status dijejaring sosial dan micro blogging serta chatting, Ubuntu 11.10 masih mempercayakan pada Empathy dan Gwibber yang telah umum mulai ditemukan pada distribusi GNU/Linux lainnya

Gwibber dan Empathy Pada Ubuntu 11.10 Beta 1
Untuk aplikasi multimedia dan standar desktop lainnya pada Ubuntu 11.10 masih tetap menggunakan aplikasi yang sama seperti yang ditemukan pada distribusi Ubuntu stable versi sebelumnya (Ubuntu 11.04).

Banshee Audio Player pada Ubuntu 11.10 Beta 1
Sebagai tambahan  pada saat menjalankan Ubuntu 11.10 Beta 1 Live CD saya menemukan sedikit keanehan (bug) dipojok desktop Unity :D

Penampakan tak wajar :P pada Ubuntu 11.10 Beta 1
Versi pengembangan selanjutnya sendiri Ubuntu 11.10 Beta 2 akan diluncurkan pada tanggal 22 September , akhir kata :D yang ingin mencoba Ubuntu 11.10 Beta 1 secara langsung bisa mengunduhnya pada alamat dibawah ini :
http://cdimage.ubuntu.com/releases/oneiric/beta-1/

Daftar Pustaka :
https://wiki.ubuntu.com/OneiricOcelot/TechnicalOverview/Beta1

No comments:

Post a Comment