Wednesday, September 14, 2011

Open Virtual Machine Tools pada sistem operasi Ubuntu


 
Open Virtual Machine Tools (open-vm-tools) adalah implementasi open source dari VMware Tools, yang biasa digunakan pada sistem operasi tamu dimesin virtual VMware untuk meningkatkan performance, dan mengaktifkan beberapa fitur khusus seperti dukungan untuk mentransfer berkas antara sistem operasi tamu (Guest OS) dan sistem operasi tuan rumah (Host OS). Karena open source maka open virtual machine tools dapat digunakan secara bebas dan telah tersedia dilumbung paket distribusi GNU/Linux Ubuntu. Open-vm-tools sendiri dapat digunakan untuk menggantikan fungsi VMware tools pada mesin virtual berbasis VMware.

Dan disini saya akan memberikan sedikit penjelasan untuk memasang open-vm-tools pada sistem operasi tamu Ubuntu, Sebagai contoh disini saya menggunakan sistem operasi tamu Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot Beta 1 fresh install yang baru selesai dipasang pada VMware player.

Untuk memasang dan mengaktifikan open-vm-tools pada Ubuntu, jalankan perintah dibawah ini pada terminal.

sudo apt-get install open-vm-tools open-vm-dkms

Memasang open-vm-tools di Sistem Operasi Tamu
Ubuntu 11.10 Beta 1
Proses pemasangan open-vm-tools di Sistem Operasi Tamu
Ubuntu 11.10 Beta 1
Setelah proses pemasangan open-vm-tools selesai, restart virtual mesin. Jika tidak ada masalah  maka seharusnya sistem operasi tamu pada virtual mesin telah dapat menggunakan fungsi khususnya, seperti shared folder, resolusi sistem operasi tamu yang dapat menyesuaikan otomatis dan beberapa fitur lainnya. :)

2 comments:

  1. Thank's mas, aku coba pada ubuntu ultimate edition v2.8 berbasis ubuntu 10.10, tapi kok tidak ada perubahan apa-apa ya? Ada pencerahan Mas?

    ReplyDelete
  2. @elhadiry:
    Fungsinya akan terlihat pada saat kamu memasang open-vm-tools pada Ubuntu yang bejalan diVirtual mesin VMware ,, kalau dipasang pada ubuntu yang berjalan dikomputer secara langsung gak akan ada pengaruh apa-apa hehe :)

    ReplyDelete