Monday, September 5, 2011

Mengenal VMware Fusion - Virtualisasi Di OS X



VMware Fusion adalah produk Mesin virtual yang dikembangkan oleh VMware untuk komputer berbasis Apple Macintosh dengan processor Intel. Fusion memperbolehkan Macs berbasis Intel untuk menjalankan sistem operasi tamu (Guest OS) berbasis x86 dan x86-64, seperti Microsoft Windows, Linux, NetWare dan Solaris sebagai mesin virtual bersamaan dengan Mac OS X sebagai sistem operasi pengguna (Host OS). VMware Fusion bisa juga dikatakan merupakan VMware Workstation versi OS X karena secara fungsionalitas dan fitur memiliki banyak persamaan dengan VMware workstation yang tersedia untuk Microsoft Windows dan GNU/Linux.

Berikut saya berikan screenshoot dan sedikit penjelasan dari VMware Fusion yang berjalan pada OS X Snow Leopard menjalankan beberapa sistem operasi tamu.

VMware Fusion di OS X
Unity view, dengan mode ini maka sistem operasi tamu akan berjalan seolah-olah menjadi satu dengan sistem operasi yang ditumpangi dalam hal ini OS X, aplikasi benar-benar seperti terlihat berjalan langsung tanpa adanya batasan dengan performance yang memuaskan.

VMware Fusion Menjalankan Windows XP
Unity Mod
e
Unity Menu VMware Fusion yang dapat digunakan Untuk mengakses
Aplikasi pada Guest OS
Ubuntu 11.10 Alpha 3 Berjalan pada VMware Fusion 3
Unity Mode
VMware Fusion Unity Mode -
Menggabungkan Windows XP dan Ubuntu 11.10 ke Desktop OS X
VMware Fusion juga mendukung penggunaan Hardware virtualization intel-VT-x sehingga dapat menjalankan sistem operasi 32-bit dan 64-bit dengan performance yang memuaskan.

VMware Fusion Menjalankan 2 Guest OS
Windows XP dan Ubuntu 11.10
Keunggulan lainnya dari Vmware Fusion adalah virtual mesin yang dibuat menggunakan VMware Player dan  VMware workstation dapat digunakan pada  VMware Fusion begitu juga sebaliknya, sangat memudahkan dalam proses migrasi virtual mesin dan menjalankan virtual appliance berbasis VMware :D , Sebuah fitur yang tak kalah menarik lainnya dari VMware Fusion adalah kemampuan untuk menjalankan (boot) windows yang terpasang pada partisi Boot Camp secara langsung, jadi pengguna yang telah memasang sistem operasi windows pada partisi Boot Campnya dapat langsung menjalankannya dengan bantuan VMware Fusion sebagai virtual mesin tanpa harus merestart sistem. :)

VMware Fusion menjalankan Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot
Untuk Pemilik sistem Mac OS X dan ingin mencoba VMware Fusion bisa mencoba selama 30 hari gratis dengan mengunduhnya pada alamat berikut :

http://www.vmware.com/products/fusion/overview.html

Produk Virtualisasi Desktop lainnya yang cukup terkenal dan dapat digunakan untuk menjalankan sistem operasi tamu pada OS X adalah  Pararells Desktop dan VirtualBox For OS

Daftar Pustaka :
http://id.wikipedia.org/wiki/VMware_Fusion

No comments:

Post a Comment