Wednesday, September 14, 2011

Install Gnome3 (gnome-shell) di Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot



Unity pada Ubuntu 11.10 memang mengesankan terlebih dengan beberapa efek desktop yang jauh lebih bagus dibandingkan Unity pada Ubuntu 11.04 namun walau begitu tetap saja tidak semua orang memiliki anggapan yang sama, terutama beberapa pengguana yang sebelumnya telah menggunakan distribusi berbasis antar muka Gnome shell. Ubuntu Oneiric Ocelot 11.10 yang akan dirilis versi stablenya pada Okteber 2011 hadir dengan beberapa pembaruan pada daftar aplikasi yang dimilikinya salah satunya adalah ketersediaan Gnome-shell (antar muka desktop resmi milik Gnome 3) pada universe repository yang dapat dipasang ke sistem untuk pengguna yang merasa kesulitan atau kurang berkenan dengan antar muka desktop default Ubuntu 11.10 (Unity). Dan berikut akan saya berikan sedikit penjelasan untuk memasangnya pada Ubuntu 11.10 yang masih dalam tahapan pengembangan. :)

Memasang Gnome Shell melalui terminal
Sebelumnya perbarui (update) daftar paket aplikasi yang tersedia pada lumbung paket (repository)

sudo apt-get update

untuk memasang Gnome 3 melalui terminal jalankan perintah berikut

sudo apt-get install gnome-shell

Memasang Gnome Shell melalui Terminal
Memasang Gnome Shell melalui Ubuntu Software Center
Untuk memasang Gnome shell menggunakan ubuntu software center ketikan "gnome shell' pada kolom pencarian, seperti pada gambar.

Memasang Gnome Shell menggunkan Ubuntu Software Center
Jika telah selesai memasang, Logout system dan pada jendela LightDM pilih session "Gnome" , dan selamat menikmati Gnome Shell. Sebelumnya pastikan kartu grafis anda telah mendukung.

Pilih GNOME untuk menggunakan Gnome Shell sebagai antar muka
Masalah yang terjadi dan cara mengatasinya :
Setelah memasang Gnome Shell muncul beberap bug yang mengakibatkan beberapa icon aplikasi tidak muncul dan themes yang berubah menjadi jadul (classic) seperti pada gambar dibawah, solusi mudahnya adalah melakukan upgrade sistem Ubuntu 11.10 Beta 1

Themes dan icon berubah menjadi classic dan tidak dapat dirubah
Upgrade sistem, dengan menjalankan perintah dibawah ini pada terminal :

sudo apt-get upgrade

Proses upgrade yang saya lakukan pada Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot Beta 1 sendiri membutuhkan lebih dari 250 MB paket yang harus diunduh. Setelah proses upgrade selesai kemudian restart, Ubuntu 11.10 Beta 1 dapat menjalankan Gnome Shell , Unity , Unity 2D dan Gnome classic tanpa ada masalah bahkan terasa lebih cepat. :D

GNOME Shell - Pada Ubuntu 11.10 Beta 1
Gambar 1
GNOME Shell - Pada Ubuntu 11.10 Beta 1
Gambar 2
GNOME Shell - Pada Ubuntu 11.10 Beta 1
Gambar 3
GNOME Shell - Pada Ubuntu 11.10 Beta 1
Gambar 4
Terlihat masih ada beberapa error dan bug yang terdapat pada Ubuntu 11.10 Beta 1 namun hal ini adalah sesuatu yang wajar  karena Ubuntu 11.10 memang masih dalam tahap pengembangan dan belum dianjurkan untuk penggunaan sehari-hari. :)

Demikian,, Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment