Sunday, September 11, 2011

Games DivineKids, Wine dan Ubuntu



DivineKids adalah game yang diakui dan mendapat award resmi dari MURI (Museum Rekor Indonesia) sebagai Game Pertama Indonesia pada tahun 2004. Sebenarnya sudah banyak game-game buatan orang-orang indonesia yang lain dan mengklaim sudah tercipta sebelum DivineKids tetapi karena kekurangan syarat-syarat minimal tertentu seperti ,Karakter menggunakan karakter asing, penyebaran yang kurang luas, bahasa yang digunakan bukan bahasa Indonesia, tidak terdaftar resmi Copyright ataupun Trademarknya, dll karena itu tidak dipilih sebagai Game Pertama Indonesia Resmi. Untuk lebih jelasnya mengenai sejarah Divinekids silahkan merujuk ke alamat berikut http://www.divinekids.com/sejarah.html

Halaman download games DivineKids - 1
Perlu diketahui permainan-permainan yang disediakan oleh DivineKids sendiri sangat bermanfaat sebagai media pembelajaran karena selain menggunakan bahasa Indonesia banyak permainan yang bersifat melatih kemampuan anak-anak seperti permainan menghitung, membaca, mewarnai, menggambar, mengingat dan lain-lain. Selain menyediakan permainan-permainan yang telah saya sebutkan, DivineKids juga menyediakan beberapa permainan yang diadaptasi dari permainan yang tidak asing oleh masyarakat indonesia seperti catur dan kartu cangkul, beberapa permainan petulangan dan permainan seru lainnya juga tersedia untuk diunduh secara gratis.

Halaman download games DivineKids -2
Selain menyediakan berbagai macam games DivineKids juga menyediakan komik dan wallpaper khas DivineKids, yang bisa diunduh pada alamat yang sama http://www.divinekids.com/ , Oke kembali ke judul artikel ,,:),, Pada artikel ini saya akan memberikan penjelasan singkat bagaimana mudahnya menjalankan Permainan-permainan (games) komputer yang disediakan oleh DivineKids pada sistem operasi open source GNU/Linux Ubuntu Natty Narwhal 11.04 menggunakan perangkat lunak Wine.

Sebelum memulainya pastikan wine telah terinstall disistem Ubuntu dan siap digunakan, disini saya menggunakan Wine versi 1.3.15 Untuk yang ingin memasangnya secara offline pada Ubuntu 11.04 bisa mengunduh installernya dihalaman berikut http://www.linuk.web.id/2011/05/download-wine-13-offline-installer.html

Wine Configuration - salah satu alat konfigurasi
yang disediakan oleh Wine
Disini saya akan memasang empat permainan yang baru saja diunduh dari DivineKids yaitu Berhitung, Kuis kata, English Word dan Gamesku Sendiri. Untuk menjalankan installernya sendiri, bisa melalui terminal menggunakan perintah wine atau menggunakan pintasan wine pada menu jelajah nautilus.

Mengekstrak dan Menjalankan aplikasi berbasis windows
diterminal menggunakan perintah Wine
Mengekstrak berkas Zip melalui Penjelajah Nautilus
Menjalankan Aplikasi berbasis Windows
menggunakan wine pada Penjelajah Nautilus
Untuk proses installasi permainan DivineKids menggunakan wine sendiri, tidak ada bedanya dengan memasangnya pada sistem operasi windows, cukup Next..Next aja. dan selesai :D

Proses installasi permainan dari DivineKids pada Ubuntu 11.04
Setelah proses installasi selesai, permainan langsung dapat diakses melalui pintasan yang dibuat oleh wine atau melalui folder aplikasi wine, untuk berkas .lnk yang ikut terbuat pada saat installasi program pada desktop dapat dihapus.

Pintasan yang dibuat oleh wine pada desktop Ubuntu
Program windows yang terpasang diwine akan
terdaftar pada daftar aplikasi Wine
Selama saya coba, dari segi performance tidak ada perbedaan yang mencolok antara permainan DivineKids yang dijalankan menggunakan wine pada Ubuntu dan sistem operasi Windows, dan kalaupun terjadi sedikit error karena efek desktop Ubuntu dapat diatasi dengan menutup aplikasi dan membukannya kembali. :)

Permainan Berhitung Keren berjalan pada Ubuntu 11.04
menggunakan Wine (Full Screen)
Permainan KuisKata berjalan pada Ubuntu 11.04 menggunakan Wine
Beberapa permainan yang dijalankan oleh Wine terkadang membutuhkan resolusi yang lebih rendah dan biasanya akan secara otomatis meresize display desktop, namun terkadang setelah permainan diakhiri (tutup) resolusi desktop tidak kembali seperti semual, solusinya adalah melakukan settingan kembali resolusi secara manual. :)

Setting resolusi monitor
Gamesku Sendiri dijalankan pada Sistem Operasi Ubuntu 11.04

Demikian penjelasan singkat ini, Semoga bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment