Thursday, August 4, 2011

Sekilas tentang VMware Tools dan Virtualbox Guest Addition



VMware tools dan VirtualBox Guest Addition secara mudahnya dapat diibaratkan seperti CD driver yang biasa disertakan ketika membeli perangkat keras (motherboard,PCIe Card, dkk) dimana didalamnya terdapat driver video display, suara , NIC , dll. yang bilamana hardware yang dijalankan hanya dengan sistem operasi biasanya tidak akan maksimal atau mungkin tidak dapat berjalan sesuai dengan fungsinya. namun lebih sekedar driver Vmware Tools dan Virtualbox Gueset Addition dapat mengaktifkan beberapa kemampuan dari virtual machine itu sendiri, berikut penjelasan singkatnya.

1.  VMware Tools :
VMware Tools adalah sebuah rangkaian utilitas yang akan meningkatkan kinerja sistem operasi tamu pada mesin virtual dan meningkatkan kemudahan dalam manajemen mesin virtual VMware. Tanpa adanya VMware Tools yang di pasang pada sistem operasi tamu, kinerja dari sistem operasi tamu tidak akan maksimal, berikut adalah beberapa batasan jika menjalankan sistem operasi tamu pada VMware virtual machine tanpa VMware tools :

- Resolusi video yang rendah
- Kedalaman warna yang terbatas
- Kesalahan dalam menampilkan kecepatan jaringan
- Pembatasan pergerakan mouse
- Ketidakmampuan untuk copy dan paste dan drag-and-drop antar Guest OS dan Host OS
- Tidak ada suara
- Tidak dapat mengaktfikan shared folders
- Unity Mode tidak dapat diaktifkan

VMware Tools mencakup komponen-komponen berikut :
  •     VMware Tools service
  •     VMware device drivers
  •     VMware user process
  •     VMware Tools control panel
VMware Tools sendiri menyediakan file ISO yang berbeda untuk setiap jenis sistem operasi tamu yang didukung diantaranya Windows, Linux, NetWare, Solaris, dan FreeBSD. 
 
VMware Tools ISO
(VMware Player, VMware Workstation, VMware Fusion)
Jenis VMware Tools lainnya adalah Operating System Specific Packages (OSPs)  - OSPs VMware Tools tersedia untuk di download secara terpisah, OSPs merupakan alternatif mekanisme yang dapat digunakan untuk memasang VMware Tools pada  sistem operasi tamu yang berjalan pada ESX machine. VMware Tools OSPs dapat diunduh pada alamat berikut : http://packages.vmware.com/tools/index.html
    Operating System Specific Packages (OSPs) VMware tools
    2.  VirtualBox Guest Additions
    VirtualBox Guest Addition dirancang untuk diinstal di dalam mesin virtual setelah sistem operasi tamu selesai diinstal. VirtualBox Guest Additions sendiri terdiri dari device driver dan aplikasi sistem yang akan mengoptimalkan sistem operasi tamu untuk kinerja yang lebih baik.

    Berbeda dengan VMware tools yang terdiri dari berbagai macam image (iso) dan OSPs untuk jenis sistem operasi tamu yang berbeda. VirtualBox Guset Addition terdiri dari single image (iso) bernama VBoxGuestAdditions.iso yang terletak pada direktori tempat VirtualBox terpasang. Berikut adalah keuntungan yang akan didapatkan dari memasang VirtualBox Guest Additions  pada VirtualBox Guest OS :

    - Mouse pointer integration
    - Shared folders
    - Seamless windows
    - Generic host/guest communication channels
    - Time synchronization
    - Automated logons (credentials passing)

    Demikian penjelasan singkat ini :D
    Semoga bermanfaat ;;)

    Daftar Pustaka :
    VMware Workstation User's Manual
    VMware Player In-product online help

    2 comments:

    1. jadi dari segi penggunaan apakah ini berarti virtual box lebih mudah digunakan ? thanks

      ReplyDelete
      Replies
      1. lebih muda VMware dan lebih lengkap wmware

        Delete