Monday, July 11, 2011

Cukuplah Menggunakan Versi Trial Untuk Belajar Perangkat Lunak Proprietary



Dilema,, itulah yang biasanya dialami oleh beberapa orang yang ingin belajar perangkat lunak proprietary, disuatu sisi kita harus menghargai karya orang lain dengan harus membayar surat ijin (license) jika ingin menggunakan software proprietary, dan dilain sisi banyak perusahaan besar / industri yang menggunakan aplikasi proprietary untuk menunjang kegiatan perusahaan mereka,  dimana walaupun free open source menyediakan alternatif yang dapat digunakan untuk menggantikan software tersebut tetap saja ada perbedaan,
baik dari segi antar muka program, hingga kesesuaian format berkas. lalu apakah dengan alasan tersebut kita harus melegalkan proses belajar dengan menggunakan perangkat lunak bajakan..???? *jawaban itu kembali kediri masing-masing hehehe :D , disini saya akan membahas bahwa kita sebenarnya masih bisa menggunakan / mengenal /mempelajari perangkat lunak proprietary sesuai dengan aturan yang dibuat oleh pemilik perangkat lunak tersebut (license / agreement) tanpa membajak dalam hal ini adalah menggunakan versi trial / express / personal yang mereka sediakan.

Registrasi Windows 7 Trial 90 Hari
Perlu diketahui, Dalam sebuah perusahaan yang sadar akan Hukum termasuk di dalamnya HAKI (Hak kekayaan Intelektual). Biasanya ketika kita bekerja sebagai karyawan kita akan bertindak sebagai pengguna akhir (enduser) dan masalah perangkat lunak dan mahalnya biaya lisensi perangkat lunak bukanlah urusan kita, karena semuanya telah dibiayai oleh perusahaan dan lagipula sebuah perusahaan yang profesional biasanya telah memiliki team yang mengurusi masalah ini, kita hanya menggunakan, Kecuali kita bekerja di departemen yang memang berhubungan dengan hal tersebut (biaya dan pengadaan lisensi). *Untuk anda yang bekerja dibagian pembiayaan bagian IT sebaiknya mulai mempertimbangkan menggunakan Free Open Source software :D. Lalu bagaimana dengan perusahaan tidak sadar hukum (tidak profesional) yang masih menggunakan perangkat lunak bajakan dan malah menyuruh karyawannya untuk memasang perangkat lunak yang di butuhkan :-/ *saya bingung...

Halaman download Oracle Database  Express Edition
Saya sendiri telah mencoba mendownload Windows 7 dan Windows Server 2008 dari website resminya microsoft setelah meregister dan telah saya install, walaupun trial tapi saya tetap bisa menggunakannya secara full, bisa update dengan lancar tanpa diblok, tanpa batasan fitur. yang membedakan adalah adanya batasan (trial) berupa hari, dimana ketika masa uji pemakaian sudah habis, kita di haruskan membeli licensenya untuk terus menggunakannya atau menghapusnya (format). jadi salah jika ada orang yang tidak mau belajar windows karena masalah biaya mahal atau tidak ingin menggunakan bajakan. Karena masa trial dari sebuah perangkat lunak termasuk windows sudah cukup untuk belajar... kalo untuk belajar :))

Halaman registrasi Trial AutoCAD
Untuk sofware sejenis yang memang biasa digunakan dalam sebuah industri  perusahaan seperti AutoCAD, Corel Draw, Adobe Suite Software,etc biasanya menyediakan versi trial yang bisa digunakan dan lebih dari cukup kalau hanya digunakan sebagai sarana belajar / mengenal / mempelajari. Untuk pemprograman Microsoft visual studio dan Microsoft SQL server juga menyediakn versi express dan trial.

Halaman  download Windows Server 2008 Trial
Yang mau coba windows trial gratis download disini (official website) :
Download windows 7 trial (90 hari) disitus resminya :
Download Windows Server 2008 disitus resminya :
http://technet.microsoft.com/en-us/evalcenter/dd459137.aspx

Semoga kedepannya para penggiat Free open source software dapat mempopulerkan dan lebih memasyarakatkan penggunaan perangkat lunak free open source softaware untuk kegiatan industri / perusahaan, sehingga nantinya kita tidak repot untuk belajar perangkat lunak - perangkat lunak  yang mahal :D.

Kesimpulannya Cukuplah versi Trial / Express / Personal kalau hanya untuk belajar Software Proprietary, KALAU UNTUK BELAJAR....  ;;)

No comments:

Post a Comment