Saturday, June 18, 2011

Review : GNU/Linux IGOS Nusantara 2011 R6 - Final Version


IGOS Nusantara atau disingkat IGN adalah sebuah sistem operasi lengkap berbasis GNU/Linux Fedora buatan lokal (indonesia)  yang di desain khusus untuk pengguna desktop, IGN sangat cocok digunakan untuk perorangan, bisnis, industri dan  perkantoran dengan kemampuan yang handal sebagai solusi desktop. dengan kemampuan untuk membuat/mengedit dokumen, database, spreadsheet, file grafis, maupun akses internet, dan chatting. Dan kini sejak mulai di perkenalkan Tahun 2006 (rilis perdana), GNU/Linux IGOS Nusantara telah merilis rilis ke- 6 dari distribusi mereka dengan IGN2011. Fitur baru apa sajakah yang dimiliki IGN 2011 dan hal-hal apa sajakah yang patut dipertimbangkan oleh pengguna dan calon pengguna GNU/Linux desktop untuk mulai menggunakan IGN 2011, mari temukan jawabannya disini :D

Desktop GNOME 3 di IGN 2011
Sebelum dimulai, mari kita basa-basi sebentar atau istilah kerennya chitchat :D, dengan semakin pesatnya perkembangan FOSS membuat sebuah fenomena baru yaitu, munculnya berbagai macam sistem operasi berbasis kernel linux yang umum disebut distro dengan cita rasa berbeda, tak terkecuali di indonesia dan salah satu distribusi lokal yang cukup dikenal karena masuk jajaran distrowatch dan wikipedia.org adalah GNU/Linux BlankON, lalu akan timbul sebuah pertanyaan, apa bedanya GNU/Linux BlankON dengan GNU/Linux IGOS Nusantara dan apa kelebihan GNU/Linux IGOS Nusantara,,,???. Disini saya akan mencoba menjelaskan secara singkat. 

GNOME 3 di IGN 2011
Walaupun sama-sama menggunakan kernel Linux dan software FOSS didalamnya, terdapat perbedaan antara dua distribusi tersebut baik dari masalah pengembang maupun teknis distribusi itu sendiri. Salah satu perbedaan mendasar antara GNU/Linux BlankON dengan GNU/Linux  IGOS Nusantara. adalah pada GNU/Linux BlankON menggunakan debian software package (.deb) untuk menajemen paket perangkat lunaknya , sedangkan pada GNU/Linux IGOS Nusantara menggunakan RPM Package Manager (.rpm) untuk menajemen paket perangkat lunaknya. Jadi disini ada dua cita rasa yang berbeda, yang dapat dipilih bagi anda pengguna distribusi besar yang ingin menggunakan distribusi lokal (indonesia) atau malah ingin jadi pengembang (bukan ditandingkan).  :D Di mana bagi anda yang telah terbiasa dengan distribusi besar berbasi RPM Package Manager seperti Fedora, Suse dan Mandriva bisa berpindah ke GNU/Linux IGOS Nusantara sekaligus menerapkan ilmunya dan yang telah terbiasa dengan distribusi besar berbasis Debian Package manager seperti GNU/Linux  Debian, Ubuntu dan Mint bisa berpindah  dan transfer ilmunya ke GNU/Linux BlankON.... Oke cukup.... kembali ke judul ;)

Spesifikasi Kernel GNU/Linux IGN 2011
IGN 2011 hadir dengan kernel 2.38.8, dimana kernel yang sama juga telah digunakan pada distribusi GNU/Linux Fedora 15 Lovelock. :), IGN 2011 juga telah menggunakan Gnome 3 sebagai lingkungan desktop yang tidak kalah cantik dengan Unity milik GNU/Linux Ubuntu.

IGN 2011 telang dilengkapi LibreOffice 3.3
Untuk masalah perangkat lunak perkantoran, IGN 2011 telah menggunakan Libre Office 3.3 yang telah mendukung format document Standar nasional Indonesia. :) dan umum digunakan pada distribusi GNU/Linux populer terbaru.

IGN 2011 Telah menyertakan codec multimedia
yang bisa langsung digunakan untuk memainkan video music
kerennn,,, :D
IGN 2011 menggunakan XMSS lengkap dengan codec multimedia
yang dapat langsung digunakan untuk  memainkan berkas mp3 :)
Untuk masalah multimedia IGN 2011 unggul dari Fedora 15, hal ini dikarenakan IGN 2011 telah mengemas codec dan pustaka multimedia yang umum digunakan di masyarakat indonesia dalam satu Live CD, bahkan dalam mode Live-CD IGN 2011 telah siap digunakan untuk memainkan koleksi film dan music di komputer anda. :D

Mozilla Firefox 4.0 pada IGN 2011
IGN 2011 menyertakan flashplayer pada Mozilla Firefox 4.0
Untuk masalah berselancar internet tidak usah khawatir karena IGN 2011 telah menyediakan browser Mozilla Firefox 4.0 yang telah dilengkapi flashplayer, sehingga dapat langsung digunakan untuk streaming youtube tanpa harus repot menginstall flashplayer. Namun ada satu hal yang masih membuat saya bingung yaitu, terbukanya halaman nitropdf secara otomatis pada saat pertama kali membuka Firefox pada IGN 2011

GIMP 2.6.11 siap digunakan pada IGN 2011
INKSCAPE telah terpasang pada IGN 2011
Bagi anda yang bergelut dengan pengolahan gambar berbasis bitmap maupun vevtor, tak usah ragu karena IGN 2011 telah menyediakan perangkat lunak open source populer pengolah vector Inkscape dan Gimp yang dapat digunakan untuk menggantikan Adobe Photoshop. Klik and run dah pokonya...  :D

IGN 2011 dipersenjatai dengan Wine (Wine Is Not An Emulator)
Ini nih salah satu perangkat lunak yang sangat dibutuhkan oleh pengguna baru yang masih susah melupakan mantan nya (windows),,  WINE (Wine is Not Emulator) yang dapat langsung digunakan untuk menjalankan beberapa aplikasi windows yang telah didukung. :)

IGN 2011 telah dilengkapi FileZilla

Shotwell pada IGN 2011

uGet Download Manager pada IGN 2011

Wallpaper nuansa Nusantara Indonesia  pada desktop IGN 2011
Managemen paket lebih mudah dengan Yum Extender
Selain hal yang telah saya jelaskan diatas masih terdapat banyak perangkat lunak lainnya yang sangat bermanfaat bagi pengguna dekstop pada IGN 2011 seperti kamus bahasa indonesia - bahasa inggris Gkamus.

Gkamus pada IGN 2011
Salah satu hal yang umumnya anda jumpai pada distribusi desktop GNU/Linux lainnya namun tidak anda temui pada versi Live-CD IGN 2011 adalah perangkat lunak e-mail client, tapi hal ini tak jadi masalah karena e-mail cleint seperti Thunderbird bisa dengan mudah di download dan dipasang pada IGN 2011.

Bagi yang penasaran, silahkan dicoba sendiri dan di download aja , pokoknya ga rugi deh,,, hanya 657 MB  saja... Sangat saya rekomendasikan bagi anda pengguna Fedora yang ingin merasakan distribusi lokal tapi malas melakukan penyesuaian dengan distribusi berbasis debian.... ;;)  atau ingin merasakan indahnya lingkungan desktop GNOME 3 pada distribusi GNU/Linuk lokal. ;;)

IGOS NUSANTARA 2011 R6.0.1a  yang telah diupdate memiliki beberapa varian, untuk lebih jelasnya bisa merujuk kewebsite resminya :
http://igos-nusantara.or.id/igos-nusantara-2011-update/

Download IGOS NUSANTARA 2011 R.6.0.1 disini :


Daftar Pustaka :
http://igos-nusantara.or.id/about/ ,18/Juni/2011
http://igos-nusantara.or.id/wiki/Pengembangan . 18/Juni/2011

5 comments:

  1. mau nangis rasanya udah 35 persen donlot siang malam di koneksi lemot eh hilang filenya di d4x ... kok enggak ada ftp yah untuk link downloadnya?

    ReplyDelete
  2. turut berduka :D, IGN 2011 dah diupdate sama developernya,termasuk link downloadnya,
    *sudah saya update diatas linknya,
    IGN 2011 R6 dah diupdate menjadi
    IGN 2011 R6.0.1a + jadi lebih bnyak varian nya

    untk ftp linknya sya belum dapat,
    bisa ditanyakan langsung melalui kontak diwebsite resminya
    atau fanpagenya di fb:

    http://igos-nusantara.or.id/kontak/

    https://www.facebook.com/pages/IGOS-Nusantara/112538955473765

    ReplyDelete
  3. Wah saya juga lagi download ni distro yang r6.2 DVD, 4,3GB 2 hari baru dapet 45%,wkwkwkwk nice review, salam kenal :)

    ReplyDelete
  4. aq coba nginstall di vmware kq gk lengkap each???
    mau konfigurasi ip gk bisa pke' aplikasi langsung...
    N mau konfigurasi mail server gk nemu konfigurasinya....

    ReplyDelete