Monday, June 6, 2011

Mengenal EasyBCD - Sekilas Windows Boot Manager & BCD



EasyBCD merupakan sebuah aplikasi antarmuka berbasis grafis besutan NeoSmart yang dibuat untuk memudahkan dalam mengelola bootloader windows bootmanager (BCD) milik microsoft windows. Windows Boot Manager sendiri  merupakan sebuah teknologi baru yang mulai diperkenalkan secara umum oleh microsoft pada sistem operasi Windows Vista,  windows boot manager menggantikan fungsi dari NTLDR pada  versi windows NT sebelumnya (Windows XP) yang berfungsi untuk meload sistem operasi. Berbeda dengan NTLDR yang menyimpan settingannya pada boot.ini, Windows boot manager menggunakan BCD (Boot Configuration Data) untuk menyimpan settingan dan konfigurasi, BCD juga menggunakan format khusus dalam menyimpan settingan/konfigurasi sehingga tidak dapat terbaca dengan sempurna oleh ASCII editor seperti pada boot.ini , karena BCD memiliki format khusus maka untuk membaca berkas BCD harus menggunakan BCDEDIT yang  merupakan sebuah alat bantu berbasis perintah baris untuk mengelola berkas BCD yang disediakan oleh microsoft.

bcdedit tools berjalan di command prompt windows
Berkas BCD sendiri biasanya tersimpan di partisi root tempat windows terinstall, biasanya C Drive di folder boot, dengan atribut , hidden, system. EasyBCD yang dibuat unutuk memanage/mengelola boot manager windows juga memiliki fasilitas esktra yang dapat digunakan untuk menambahkan sistem operasi non Microsoft Windows kedalam daftar pilihan boot seperti GNU/Linux dan OS X dan seiring perkembangannya EasyBCD juga dapat digunakan untuk menambahkan berkas ISO, VHD image (khusus windows 7), WIM Image, yang berisi sistem operasi  kedalam boot manager windows dan menjalankannya. 

Untuk menginstall EasyBCD diperlukan syarat berikut :
  • Sistem Operasi Microsoft Windows
  • Microsoft .NET Framework 2.0
  • Windows Bootloader (Vista, 7, Windows Server 2008) untuk windows XP harus di install secara manual
Penampakan EasyBCD
Pengoperasian EasyBSD sangat mudah karena full GUI, semua operasional dilakukan dalam antar muka berbasis grafis berbasis WIMP (windows, Icon, Menu dan Pointer), jadi tidak ada kesulitan yang berarti dalam penggunaanya. ;)

Cukup perkenalaanya dengan EasyBCD, :)) nantinya di beberapa artikel selanjutnya saya akan menulis cara menggunakan EasyBCD dalam beberapa kasus ;;)

Daftar Pustaka:
http://neosmart.net/wiki/display/EBCD/EasyBCD+Documentation+Home 06/05/2011
http://en.wikipedia.org/wiki/Windows_Vista_startup_process 06/05/2011

No comments:

Post a Comment