Tuesday, May 10, 2011

MobaLiveCD - Test GNU/Linux Live Secara Mudah Di Windows



MobaLiveCD adalah sebuah perangkat lunak gratis yang berukuran kecil dan ringan yang dapat menggantikan fungsi sebuah virtual machine dalam hal sekedar mengetes distribusi image GNU/Linux Live tanpa harus membakarnya terlebih dahulu ke CD/DVD Disc, MobaLiveCd dibuat menggunakan  engine emulator Qemu, walaupun bersifat portable MobaLiveCD ketika dijalankan membutuhkan akses administartor.

Wujud dari MobaLiveCD
Untuk penggunaan MobaLiveCD pada windows Vista dan 7, pastikan aplikasi dijalankan dengan hak akses administrator jika tidak akan terjadi pesan kesalahan dan aplikasi tidak dapat berjalan dengan baik. Agar tidak repot untuk klik kanan run administrator setiap menjalankan MobaLiveCD ubah Properties dibagian Compatibility > Privilege Level > Pilih run this program as an administrator

Ubah properties

Selain dapat menjalankan sistem GNU/Linux Live dari image (iso), juga dapat digunakan untuk menjalankan sistem live dari USB flashdisk atau removable disk lainnya. Jika dibandingkan dengan virtual machine sekelas VirtualBox atau Vmware dapat dikatakan performance dari MobaLiveCD lambat, untuk itu bersabarlah dalam menggunakannya :))

MobaLiveCD sedang beraksi
Download MobaLiveCD disini :
Download (ukuran 1.6 MB)
Download Mirror indowebster
Download Mirror mediafire

Semoga dapat menambah sedikit pengetahuan kita bersama, mengenai dunia perangkat lunak ;)

No comments:

Post a Comment