Sunday, May 8, 2011

Mengakses Partisi Ext4 dari Microsoft Windows



Dual boot atau menginstall lebih dari satu buah sistem operasi pada sistem komputer merupakan sebuah cara yang banyak dipilih, unutuk menggunakan 2 jenis sistem operasi yang berbeda. Dimana dengan menggunakan cara ini kita bisa mengoptimalkan penggunaan perangkat keras untuk digunakan oleh dua atau mungkin lebih sistem operasi, memang sih ada virtual machine, namun penggunaan virtual machine pada PC desktop dengan lowend resource tidak akan secepat seperti jika sistem operasi tersebut dijalankan di sistem yang sesungguhnya (real machine).
Seperti yang kita ketahui bersama, sistem operasi GNU/Linux merupakan sebuah perangkat lunak bersifat terbuka dan bebas (Open Source) , dimana dengan kata lain setiap orang yang memiliki kemampuan dan mau bisa ikut mengembangkannya. Salah satu hal yang sangat pembantu pengguna sistem operasi dual boot adalah dukungan untuk membaca dan menulis file system dari jenis sistem operasi lain, termasuk didalamnya file system NTFS yang merupakan file system yang biasa digunakan oleh sistem operasi Microsoft Windows.
Namun berbeda dengan sistem GNU/Linux yang telah banyak mendukung akses terhadap file system yang dimiliki sistem operasi lain, yang jelas-jelas berbeda mahzab dan jalan, Microsoft tidak menyediakan akses secara default atau menyertakan driver tambahan secara resmi untuk mengakses file system sistem operasi lain yang bersebrangan dengannya termasuk GNU/Linux. Bagi pengguna single GNU/Linux Operating system mungkin hal ini tak akan berpengaruh, gak ngepek kali.. :D, 
Tapi bagaimana dengan anda yang menggunakan sistem dual boot, sebagai contoh disini ada suatu kasus :)) Ketika di tempat umum saya menggunakan Sistem Operasi GNU/Linux untuk mendownload games (Hotspot gratisan euyyy...), begitu selesai komputer saya restart dan masuk ke sistem menggunakan Windows, namun sialnya saya lupa untuk memindahkan berkas yang tadi saya download kepartisi windows, mau restart dan memindahkan data lagi maless,, :-/ karena sistem operasi windows saya lemott banget kalo startup, ini aja saya tinggal mandi, makan dan gosok gigi baru nongol dekstop windowsnya. :))

Cara termudah dan yang biasa saya gunakan adalah menggunakan Ext2Explorer untuk mengakses partisi EXT4 sistem GNU/Linux saya, berikut penampakannya.
Ext2Explorer 1
Untuk penggunaanya cukup mudah, jalankan aplikasi ini dengan akses administartor, jika tidak ada masalah maka partisi sistem operasi GNU/Linux akan terbaca dan bisa diexplorer, untuk menyalin berkas atau folder yang terdapat pada partisi sistem operasi GNU/Linux cukup klik kanan dan pilih save, lalu tentukan ingin disimpan dimana.
Ext2Explorer 2
Download Ext2Explorer disini :
Ext2Explorer (indowebster) 3.57 MB
Ext2Explorer (mediafire) 3.57 MB

Metode pengaksesan partisi GNU/Linux dengan Ext2Explorer relatif aman karena file system diakses secara Read Only jadi tidak ada perubahan pada file system, hal ini untuk menghindari dari ketidak mampuan windows untuk menangani file system sistem operasi GNU/Linux yang terkenal powerfull :))

1 comment:

  1. makasih gan, sungguh bermanfaat.. biasanya ane kudu restart dulu, masuk ubuntu, copy file kirim ke media laen :)

    www.kincring.us.tc

    ReplyDelete