Sunday, April 10, 2011

Review GNU/Linux BlankON 7.0 Pattimura Jahitan 3


Sekilas tentang BlankOn ------

BlankOn Linux merupakan salah satu distro Linux yang berisikan perangkat lunak (software) yang dapat digunakan untuk keperluan desktop, laptop, dan workstation. Dengan dipadukan oleh berbagai pernak–pernik khas Indonesia, distro ini sangat cocok digunakan untuk pengguna komputer di Indonesia.

BlankOn Linux dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) bersama Tim Pengembang BlankOn. Pengembangan BlankOn dilakukan secara terbuka dan gotong royong, sehingga siapa saja bisa turut berkontribusi untuk mengembangkan BlankOn agar menjadi lebih baik. BlankOn Linux juga bisa didapatkan oleh siapa saja tanpa perlu membayar untuk mengunduhnya. Bahkan, Anda bisa mendistribusikannya dan membagi-baginya secara bebas tanpa batas kepada siapa saja.

Pengembangan BlankOn bukan semata-mata ingin membuat distribusi Linux baru, namun lebih dimotivasi oleh keinginan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas dalam kemampuan pengembangan perangkat lunak bebas/terbuka, yang pada hakikatnya merupakan salah ciri khas bangsa Indonesia yang memiliki semangat bergotong-royong. Tim pengembang BlankOn percaya bahwa bangsa Indonesia mampu dan tidak kalah dengan bangsa-bangsa lain di dunia dan oleh karena itu aktif mengundang siapa pun yang berminat dan memiliki semangat yang sama untuk bergabung dalam pengembangan BlankOn.

--------- Sumber: Buku Panduan BlankOn 6 Ombilin

BlankON yang merupakan salah satu distribusi GNU/Linux lokal Asli Indonesia tengah mematangkan versi terbaru dari distribusi GNU/Linux mereka, dengan code name Pattimura. Dilihat dari kernel yang digunakan BlankON 7 Pattimura menggunakan kernel yang sama dengan yang digunakan pada Ubuntu 11.04 (Natty Narwhal), beberapa fitur pada Ubuntu 11.04 Narthy Narwall juga diusung oleh BlankON 7 Pattimura beberapa fitur tersebut diantarnya :
  • Menggunakan Kernel 2.6.38
  • Menggunakan Indicator Applet Application Menu (Global Menu)
  • Menggunakan LibreOffice 3.3.2 (Paket Perkantoran)
BlankON terbaru (Versi Jahitan 3) selain hadir dengan beberapa update dan perangkat lunak terbaru seperti yang terdapat pada Ubuntu 11.04, juga menambahkan beberapa kemudahan dan kelebihan yang belum terdapat pada sebuah CD Ubuntu 11.04 (pada versi Beta). Kelebihan tersebut diantaranya adalah :
  • Telah terinstall Gimp 2.6.11 (Image Edtior seperti Photoshop)
  • Telah terinstall Inkscape 0.48.1(Vector Editor Seperti Corel Draw)
  • Telah tersedianya codec multimedia sehingga dapat langsung digunakan untuk memainkan berkas audio (mp3)  dan memutar file video, penulis coba untuk memutar berkas flv hasil download dari  youtube :)

Hal lain yang akan ditemukan pada BlankON 7 Pattimura  sebagai ciri khasnya adalah :
Berbeda dengan Ubuntu 11.04 yang membundle Mozilla Firefox 4.0 sebagai browser bawaan, BlankON 7.0 lebih memilih menggunakan Chromium 12 sebagai browser bawaan.


BlankOn 7 Pattimura juga masih menggunakan Gnome sebagai antar muka standar bawaan, berbeda dengan Ubuntu 11.04 yang akan menggunakan Unity.


Sebagai Audio Player bawaan BlankON pattimura menggunakan Exaile Audio Player berbeda denga Ubuntu 11.04 yang menggunakan Banshee


Satu hal yang menjadi ciri khas khusus dari blankon adalah blankon-contextual-desktop-theme, yang akan merubah wallpaper desktop anda, sesuai dengan waktu pagi, siang, sore, malam.. bahkan untuk beberapa hari khusus akan ada wallpaper khusus :D,,, tapi pada BlankON 7.0 Pattimura Jahitan 3 sepertinya masih bermasalah dengan contextual-desktop-theme nya sehingga wallpapernya tidak berganti :(.


BlankON 7 Pattimura merupakan distribusi GNU/Linux yang sangat tepat bagi anda yang tidak ingin direpotkan dengan menginstall codec untuk memainkan file audio/video, dan ingin segera mengedit foto atau membuat gambar vector, karena semua telah tersedia dalam 1 CD. :)

*Walaupun Ubuntu 11.04 tidak menyertakan codec multimedia dan aplikasi Gimp, Inkscape pada CD installasinya kita bisa menginstallnya setelahnya melalui repository,  begitu juga dengan BlankON 7 yang tidak menyertakan aplikasi Torrent Client, Terminal Server Client  dan beberapa permainan.

    No comments:

    Post a Comment