Thursday, April 21, 2011

Mengenal PC-BSD



PC-BSD merupakan sebuah sistem operasi Unix-Like yang ditujukan untuk pengguna Desktop, PC-BSD dibuat oleh Kris Moore pada tahun 2005 yang terinspirasi dari kepopuleran dan keberhasilan sistem berbasis GNU/Linux kernel di pasar desktop, padahal selain GNU/Linux pada saat itu terdapat sebuah sistem operasi (kernel) bebas yang terkenal tangguh dan stabil sebagai server yang bernama FreeBSD, walau telah terdapat banyak varian FreeBSD pada saat itu seperti FreeBSD, NetBSD, dan OpenBSD, tapi tidak ada satupun yang memang dibuat untuk pengguna desktop dan atas dasar kecintaan terhadap FreeBSD tersebutlah, Kris Moore memutuskan untuk membuat sebuah sistem operasi FreeBSD yang mudah digunakan dengan tampilan  desktop yang menarik dan mudah dalam penggunaan yang diberi nama PC-BSD.
PC-BSD Desktop
Pada dasarnya PC-BSD adalah instalasi FreeBSD yang telah disesuaikan untuk pengguna Desktop sehari-hari, dan bukan cabang-turunan. PC-BSD berbasis cabang-STABIL terbaru dari FreeBSD. Karena berada dibawah sistem FreeBSD secara utuh, maka Anda memiliki sistem FreeBSD yang benar-benar berfungsi. Perbedaan utama antara PC-BSD dan FreeBSD adalah PC-BSD ditujukan untuk penggunaan desktop, sedangkan FreeBSD dibuat untuk kepentingan server.
Perbedaan lainnya termasuk :
  • PC-BSD sudah mempunyai lingkungan desktop KDE (saat ini 4.4.5)
  • PC-BSD diinstal menggunakan instalasi berbasis grafis, bukan lagi berbasis teks
  • PC-BSD langsung memberikan sejumlah aplikasi saat instalasi
  • PC-BSD menggunakan PBI (Push Button Installer) sebuah sistem paket yang unik dan juga mendukung paket-paket FreeBSD dan sistem ports
  • PC-BSD memiliki kernel yang telah dibangun dengan konfigurasi yang baik untuk penggunaan desktop.
  • PC-BSD hadir dengan sejumlah konfigurasi awal berupa skrip-skrip otomatis untuk tugas-tugas tertentu seperti menghubungkan kamera digital atau USB memory.
        PC-BSD Installer
        Memang tidak ada perbedaan yang jauh antara PC-BSD dan FreeBSD. karena PC-BSD pada dasarnya adalah FreeBSD dengan instalasi yang bagus, sejumlah konfigurasi awal, optimasi kernel, paket manajemen PBI, paket-paket yang diberikan saat instalasi dan beberapa perangkat grafis yang memudahkan dan membuat PC-BSD sesuai untuk penggunaan di desktop. Dan sebagai pengguna PC-BSD, Anda tidak perlu khawatir tentang konfigurasi sistem FreeBSD yang dikenal lumayan rumit, cukup di instal dan langsung digunakan. jadi tunggu apalagi, bagi anda yang ingin mendapatkan ketangguhan dan kestabilan FreeBSD dengan kemudahan penggunaan desktop yang user friendly harus mencoba PC-BSD ;)
         
        PC-BSD dengan default desktopnya  KDE 4.4.5

        Download PC-BSD       Download HandBook PC-BSD 8.2

        sumber : PC-BSD 8.2 Handbook

        2 comments:

        1. bagaimana dengan kompatibilitas hardwarenya bung?
          apakah support driver kebanyakan hardware termasuk hardware lama? bisa nggak kira2 menggantikan 70% saja setara aplikasi windows?

          ReplyDelete
        2. @Anonymous:
          untuk masalah dukungan dan kecocokan hardware, menurut saya yg sudah mencoba pada hardware milik saya sendiri, cukup baik, dan kalaupun ditemukan masalah, bisa merujuk ke dokumentasi/faq PC-BSD,
          Karena diPC-BSD sudah ada aplikasi office,e-mail client, dan aplikasi standar desktop lainnya saya rasa bisa. PC-BSD sendiri juga telah memiliki managemen perangkat lunak berupa PBI (push button installer), yang sangat memudahkan pengguna yang ingin memasang perangkat lunak tambahan pada PC-BSD, tanpa harus menyentuh terminal :)

          ReplyDelete