Sunday, April 3, 2011

5 Tempat Penyimpanan Data Online (Cloud Storage) Gratis Terbaik :D


Cloud Storage atau media penyimpanan data online yang merupakan bagian dari cloud computing adalah sebuah teknologi yang memungkinkan kita untuk menyimpan data melalui jaringan internet (cloud) kedalam media penyimpanan virtual, dimana data yang tersimpan bisa diakses dari mana saja, selama tersedia jaringan Internet. Beberapa sistem cloud storage bahkan menyediakan fitur agar orang lain dapat mengakses data milik kita. Hal ini tentunya akan sangat memudahkan kita dalam pengerjaan sebuah proyek kolaboratif daripada bertukar salinan data baik secara online maupun offline. 
Berikut merupakan beberapa layanan Cloud Storage yang patut dicoba :

1. Dropbox
Merupakan Cloud storage yang menyediakan aplikasi bawaan managemen file dan folder, jadi untuk menggunakannya kita tidak harus mengaksesnya melalui web Interface. tersedia untuk windows dan linux. Untuk space dropbox menyediakan 2GB dan satu hal yang menarik dari dropbox adalah kita akan mendapatkan space tambahan jika berhasil mengajak orang lain untuk menggunakan dropbox berdasarkan rujukan kita (referral system). Beberapa fitur yang didapat dari dropbox shared folder memungkinkan beberapa orang untuk berkolaborasi pada file yang sama dan dapat secara otomatis syncs ketika file baru atau perubahan terdeteksi.




2. Box.net
Di Box.net ditawarkan tiga jenis Box yakni Basic, Individual, dan Business. Yang pertama Free, dan yang dua terakhir berbayar. Beberapa hal yang didapat saat kita terdaftar dengan fasilitas BASIC antara lain  Space 1 GB dan Bandwith 10 GB dan juga selain bisa menyimpan file di box pribadi, file juga bisa di-share di ruang publik. Untuk managemen file Box.net tidak menyediakan aplikasi bawaan seperti pada Dropbox jadi untuk menggunakannya kita harus berhadapan dengan web interface.


3. Memopal
Memopal merupakan layanan penyimpanan Online yang terkenal denga slogan More Friends  = More Space artinya disini kita akan mendapatkan space tambahan setiap berhasil mengajak teman untuk menggunakan memopal yang merujuk pada nama (account) kita  (referral system), memopal menawarkan space 3 GB dan menyediakan aplikasi bawaan managemen file dan folder (shell) , tersedia untuk Windows, Linux, Mac OS dan platform mobile.



4. Windows Skydrive
SkyDrive merupakan layanan penyimpanan data Online yang diberikan oleh Microsoft dengan space 25 GB dan batasan ukuran 50 MB untuk setiap file, salah satu hal menarik yang diberikan oleh Skydrive adalah adanya fitur terintegrasi dengan layanan web office yang membuat kita dapat mengedit file microsoft office yang kita simpan pada SkyDrive melalui web. walaupun tidak menyediakan aplikasi bawaan untuk manajeman file dan folder, kita tetap dapat menggunakan SkyDrive Explore untuk mengintegrasikan layanan ini dengan desktop.




Sebuah layanan terpisah bernama SkyDrive synced storage juga akan kita dapatkan ketika mendaftar dengan Space 5 GB berbeda dengan SkyDrive yang memiliki batasan ukuran setiap file 50 MB, SkyDrive synced storage tidak memiliki ukuran batasan file dan untuk menggunakan SkyDrive synced storage pada windows terlebih dahulu harus menginstall Windows Live Mesh yang merupakan bagian dari Microsoft Live Essential.

5. Google Docs
Banyak yang belum mengetahui bahwa Google Docs menambahkan sebuah fasilitas baru pada layananya yang dapat digunakan untuk meng-upload semua jenis file, namun disini kita hanya akan mendapatkan space 1 GB, layanan ini sifatnya terpisah dengan G-mail dan Picasa dan tidak ada kaitannya dengan Gmail Drive.




Sumber:
http://techsplurge.com/910/top-5-free-cloud-storage-options/

Beberapa cloud storage gratis yang bisa digunakan :
-Ubuntu One
-Zumo Drive
-ADrive
-Mediamax
-rapidshare, 4shared, dan kawan-kawan
-strongspace

4 comments:

  1. wah.,enak neh mengingat hardisk mahal skrg

    ReplyDelete
  2. Ngomong-ngomong yang paling cepet yang mana nih?

    ReplyDelete
  3. saya pake 3: google drive untuk file backup, dropbox untuk file yang selalu diupdate (sync), sama skydrive untuk file sharing

    ReplyDelete