Friday, December 31, 2010

How to Get Free SLES (Suse Linux Enterprise Server) Mendapatkan SLES Gratis



SUSE, sebelumnya bernama SUSE Linux dan SuSE Linux Professional, adalah salah satu distro Linux yang dikembangkan oleh Novell, yang dulu terkenal dengan Netware nya, Perlu diketahui SUSE Linux awalnya  (duluuuu sekali) merupakan varian distro Slackware terjemahan bahasa Jerman. Namun seiring dengan perjalanan waktu  Mei 1996 SuSe linux berkembang dan melepaskan diri dari Slackware dan berubah menjadi salah satu distro besar. Suse Linux sekarang menggunakan RedHat Package Manager (.rpm) dan Yast sebagai default managemen paket.

Saat ini Terdapat dua (2) distro utama SUSE Linux yang aktif dikembangkan,dengan tujuan berbeda yaitu

1. SUSE Linux Enterprise 
atau biasa disingkat SLE adalah solusi sumber terbuka dari Novell untuk perusahaan besar. Terdiri dari dua paket, yaitu:
-.SUSE Linux Enterprise Server : SLES adalah Sistem Operasi Server Perusahaan yang merupakan 
  komponen SLE.
-.SUSE Linux Enterprise Desktop : SLED adalah Sistem Operasi Desktop Perusahaan yang merupakan   
  komponen SLE.

2. OpenSUSE
sebuah proyek besar bagi masyarakat opensource, yang disponsori oleh Novell, dirancang untuk pengguna rumahan tapi tidak menutup kemungkinan dapat digunakan untuk Server,,, Open Source gitu lohhh...
untuk mendapatkan OpenSuse bisa merujuka pada situs mirror dibawah ini : 


HOamm,, :O, Hampir lupa ,, Disini saya akan memberikan petunjuk atau wangsit :D,,, bagaimana mendapatkan dvd-Image (.iso format)  installasi Suse Linux Enterprise Server 60 hari Subscription, yang merupakan salah satu pesaing RedHat Enterprise Linux.
SLES yang kita dapatkan nantinya bisa digunakan secara gratis dan akan mendapatkan dukungan update trial selama 60 hari. Jika telah melewati maka kita tetap dapat menggunakannya namun tanpa dukungan update, saya rasa ini tidak menjadi masalah bagi mereka yang telah berpengalaman menggunakan Windows Bajakan yang biasanya tanpa udpate Huehuehuehe :D

Cara Mendapatkan SLES (Siapkan koneksi Internet karena filenya lumayan besar)

Plih  SUSE® Linux Enterprise Server yang ingin di download sesuaikan dengan mesin platform anda, x86, x86–64, IA–64, PowerPC, System Z, kesalahan pemilihan jenis mesin akan berkakibat dengan tidak bisa dijalankannya media Installasi.

2. Klik link proceed to download
  

3. Selanjutnya anda akan diminta Login, Ke Account Novell, Jika sudah pernah membuat Login, Jika belum punya Account Novell silahkan create account baru (gratis, modal e-mail aja :D )



4. Isi data diri anda, sesuaikan dengan KTP atau kartu keluarga, rekening air dan rekening Listrik juga boleh HUahuahuahua.. :D


5.Konfirmasi e-mail anda, setelah membuat Account baru dan Login, Sekarang anda akan dihadapkan denga Link download. Sebagai Contoh disini SLES SP1 for x86 terdiri dari 2 file Image .ISO download keduannya, dengan menggunakan download manager favorite anda.. support resume.. jadi bisa di sambung kalo downloadan putus, Jika diminta username dan password ketika melakukan proses download, masukkan user name dan password yang sebelumnya telah dibuat.

Akhir kata, Selamat  Mencoba dan Semoga berhasilll...... ;)
*.silahkan baca dengan baik petunjuk untuk dowonload  dan trial subscription pada website, gunakan
google translate kalo bingungs,,, pleasee,, budayakan Membaca :D


No comments:

Post a Comment