Sunday, September 12, 2010

Mengenal Bahasa Pemrograman Karya Anak Indonesia BAIK (Open Source)

Penggunaan Bahasa Komputer sebagai alat untuk berkomunikasi dengan mesin komputer  merupakan syarat mutlak dalam pembuatan sebuah program komputer. Pentingnya penguasaan  bahasa komputer yang merupakan infrastruktur Teknologi Informasi perlu dijembatani dengan  bahasa komputer yang mudah dan ramah bagi pemakainya.
 
BAIK(Bahasa Anak Indonesia untuk Komputer) adalah sebuah kelompok bahasa pemrograman  tingkat tinggi yang menggunakan ejaan bahasa Indonesia. BAIK yang termasuk jenis bahasa  interpreter diciptakan untuk semua pemrogram yang mengenal bahasa Indonesia ataupun  bahasa-bahasa turunan bahasa melayu, dan dapat digunakan baik oleh para pemula maupun para  pemrogram ahli. Bahasa komputer BAIK telah membuat terobosan baru dalam dunia pemrograman  komputer, khususnya di Indonesia, karena memberikan kemudahan dalam membuat program  komputer dengan tidak menggunakan ejaan bahasa Inggris, yang sering menjadi kendala baik dalam  pencarian dokumen-dokumen bahasa pemrogramannya maupun pemahaman arti dari kata kunci-kata  kunci bahasanya. 

BAIK pertama kali dikembangkan pada tahun 2005 oleh penulis yang tinggal dan bekerja di Jepang,  untuk memberikan kemudahan bagi pemrogram yang kesulitan menggunakan bahasa Inggris, selain  untuk membantu menganalisa data network dalam unix dan windows yang ditampilkan dalam  halaman web. Pada waktu itu, banyak sekali pemrogram dari berbagai negara Asia di Jepang yang  menggunakan bahasa pemrograman populer seperti Java, Perl maupun PHP untuk pengembangan  web, dan mereka sering mengeluh tentang penggunaan istilah Inggris dalam dokumen-dokumen   ataupun kode programnya. Kondisi itulah yang memberikan inspiras penulis untuk menciptakan  bahasa pemrograman yang menggunakan sintaks bahasa lokal. 
 
BAIK pertama kali dipublikasikan dalam bentuk open source beserta dokumentasi petunjuk  penggunaan berbahasa Indonesia pada bulan Maret tahun 2008 di komunitas pemrograman open  source - source forge (http://sourceforge. net/projects/baik/) dan sampai saat ini telah berkembang  menjadi bahasa komputer berejaan Indonesia yang cukup handal untuk pemrograman web maupun  pemrograman desktop. Sampai akhir Juli 2010, BAIK telah diunduh lebih dari 4000 kali dari  komunitas open source di atas. 
 
Bahasa Komputer BAIK didesain dan dirancang dengan menggunakan ejaan bahasa Indonesia untuk  semua kata fungsi dalam pemrograman, agar bahasa komputer BAIK dapat dipelajari dengan mudah  oleh putra-putri Indonesia sejak dini. Program dan kode sumber BAIK ditulis dan dipublikasikan  dalam bentuk open source, agar mendapat masukan untuk pembaharuan maupun penambahan fungsi  -fungsi bahasa pemrogramannya. 
 
BAIK (Bahasa Anak Indonesia untuk Komputer) adalah bahasa komputer ala bahasa skrip serupa dengan perl,php dan python yang  didesain untuk bisa dijalankan di semua sistem operasi (OS), seperti Windows 7,Vista, XP, 2000,2003 server, 2008 server maupun Linux(Redhat, CentOS, Slackware, Ubuntu dll) , Unix(Solaris,HP-UX) termasuk Mac OS.   

Interpreter bahasa pemprograman BAIK dan Buku pedoman untuk Bahasa pemrograman BAIK versi 5 dapat di download di

http://sourceforge.net/projects/baik/files/

sumber : Buku Dasar-dasar pemrograman komputer dengan bahasa BAIK

1 comment:

  1. wah keren ne... da tutorial lengkap tentang BAIK gak supaya ada pedoman dikit gan,,, kalo ada kirim ke e-mail saya ya garudayasa@gmail.com, minta tolong gan soalnya di kampus agak puyeng ma bahasa pemrograman yang make istilah bahasa inggris maklum ane kurang dalam bahasa inggris. jadi kalo buat program, programnya cuma simple ja gak pernah bisa ngalahin program temen-temen yang jago bahasa inggrisnya... terima kasih gan.. maju terus anak bangsa.

    ReplyDelete