Wednesday, January 13, 2010

Tentang Ubuntu Linux

Ubuntu Linux siapa yang tidak kenal, Distro linux satu ini merupakan Distro Linux yang paling populer dibandingkan distro linux lainnya, bahkan ada beberapa pengguna awam yang mengidentikan Linux itu adalah Ubuntu dan ada juga yang mengatakan bahawa Ubuntu adalah system operasi sendiriyang berbeda dengan Linux.

Ubuntu ini sendiri adalah salah satu distribusi Linux yang berbasiskan pada Debian. Proyek Ubuntu disponsori oleh Canonical Ltd (perusahaan milik Mark Shuttleworth). Nama Ubuntu diambil dari nama sebuah konsep ideologi di Afrika Selatan. "Ubuntu" berasal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti "rasa perikemanusian terhadap sesama manusia". Ubuntu juga bisa berarti "aku adalah aku karena keberadaan kita semua". Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.


Salah satu keunggulan Ubuntu adalah adanya fungsionalitas Live Linux, sehingga bisa langsung di-boot dan digunakan, tanpa harus menginstalnya terlebih dahulu ke dalam harddisk. Setelah pengguna memutuskan untuk men-coba melakukan instalasi, pengguna tersebut bisa mengguna kan installer grafikal yang mudah digunakan.

Rilis ubuntu
Rilis ubuntu keluar setiap 6 bulan sekali tiap bulan April dan Oktober. Rilis ubuntu biasanyaterdiri dari 2 edisi, yaitu edisi Desktop dan Server. Perbedaan mendasar pada keduanya adalah pada versi desktop terdapat tampilan desktop manager sedangkan pada edisi server tidak ada, hanya command prompt saja. Setiap 2 tahun sekali akan keluar versi LTS ( Long Term Support ) yang akan mendapat dukungan selama 3 tahun untuk Desktop dan 5 Tahun untuk edisi Server


Mendapatkan Ubuntu
Untuk mendapatkan Ubuntu, kita bisa menggunakan beberapa cara berikut:
-Men-download image ISO dari berbagai mirror Ubuntu di seluruh dunia.
-Membeli CD Ubuntu di berbagai toko CD Linux.
-Meminta CD Ubuntu secara gratis lewat program ShipIt.
Proses pengiriman akan memakan waktu lebih kurang 6 sampai 10 minggu.
Kunjungilah https://shipit.ubuntu.com/

Keluarga Ubuntu dan Keturunanya
Seperti halnya mahluk hidup yang beranak pinak dan memiliki keturunan, Ubuntu juga memiliki keluarga dan keturunan, yang dimaksud keturunan disini adalah distro linux yang dibuat berdasarkan Ubuntu. Beberapa diantaranya dibuat karena memiliki kekhususan fungsi, beberap distro tersebut antara
lain :
Ø Edubuntu
Edubuntu (http://edubuntu.org/): turunan Ubuntu yang dikhususkan untuk dunia pendidikan.Untuk mendukung pendidikan dengan arsitektur thin client, LTSP disertakan juga di dalam Edubuntu.
Ø Kubuntu
http://www.kubuntu.org/): turunan Ubuntu yang menggunakan KDE sebagai desktop environment. Sebagai konsekuensi penggunaan desktop KDE, berbagai aplikasi KDE digunakansebagai alat bantu. Aplikasi yang disertakan juga umumnya aplikasi dengan GUI toolkit Qt.
Ø Xubuntu
(http://www.xubuntu.org/): turunan Ubuntu yang menggunakan Xfce sebagai desktop environment. Sangat cocok bagi yang ingin menggunakan Ubuntu dan paket-paketnya, namun tidak suka atau tidak bisa menggunakan Ubuntu (GNOME desktop) atau Kubuntu (KDE). Sebagai desktop, Xfce lebih ringan dibandingkan dengan GNOME desktop atau KDE, sehingga lebih cocok digunakan pada komputer yang relatif lebih lambat. Aplikasi default yang disertakan umumnya adalah aplikasi dengan GUI toolkit GTK+.
Ø Ubuntu studio
http://ubuntustudio.org/): turunan Ubuntu yang memfokuskan pada pekerjaan yang berhubungan dengan audio, video, grafik, dan multimedia secara umum.
Ø Linux Mint
(http://www.linux-mint.com/): turunan Ubuntu untuk desktop yang mudah diguna kan dan teknologi yang up-to-date.Datang dengan berbagai tool spesifi k Mint

2 comments: