Tuesday, January 5, 2010

Mulai menggunakan Antivirus



Eh… eh.. perhatian sebelumnya bagi para master yang merasa bisa menjaga system Microsoft Windows dan keturunanya dari virus tanpa antivirus sebaiknya mulai mempertimbangkan menggunakan antivirus karena banyak bermunculan virus injection executable file seperti sality dan viking belum lagi Trojan, spyware dan virus yang mengeksploitasi celah keamanan, karena berdasarkan pengalaman teman yang tidak menginstall antivirus karena merasa jago, master-master installasi file nya rusak karena terjangkit virus sality. Mungkin mudah menghindari virus local seperti brontok dan kawan-kawan ( karena mencolok) tapi tidak untuk virus injection executable dan exsploitasi celah keamanan dan Trojan dan spyware

Sedikit berbagi, penulis memiliki seorang teman yang jago dan bekerja sebagai freelance dimana biasa menerima panggilan jasa penginstallan computer baik untuk warnet perusahaan maupun rumahan pokok nya yang penting dibayar, karena merasa sudah jago dan sakti mandraguna dia tidak menginstall antivirus di system operasi Windows nya karena menurutnya berat dan ngak ngefek. Padahal di laptopnya tersebut banyak menyimpan file-file installer berbagai macam program aplikasi yang biasa dia gunakan untuk menginstall computer lain. Pada suatu kali terdapat masalah dimana hampir semua computer yang telah di installanya lengkap dengan program nya mengalami masalah yaitu setelah diinstall antivirus dan diupdate *waktu itu memakai kaspersky antivirus virus, terdeteksi virus padahal waktu itu tidak ada media lain, yang terhubung pada pc setelah installasi, selain harddisk eksternal yang digunakan untuk menginstall bermacam-macam program aplikasi. Setelah di selidiki dan dilakukan scan pada harddisk eksternal tersebut menggunakan kav yang terupdate nyata hampir semua master program yang digunakan untuk installasi terjangkit virus sality… huaahhhh :) dan lebih buruknya lagi ternyata sang laptop yang menjadi master juga telah terinfeksi….

Hmmm sebenarnya beberapa teman yang sangat jago sih meyakini bisa menghindari virus tanpa antivirus baik virus local, virus injection exe maupun virus eksploitasi celah keamanan Trojan dan spyware pada system operasi berbasis Windows tapi membutuhkan kewaspadaan, pengetahuan dan ketelitian yang tinggi dimana sebagaimana kita ketahui terkadang tingkat kewaspadaan dan ketelitian manusia dapat menurun dan akhirnya kecolongan jadi pesan saya tetap gunakan antivirus ato kalo ngak maw ... pake Linux aja hehehehh :)

No comments:

Post a Comment